Sabtu, 29 Oktober 2011

SMA Titian Teras Juara LCC 4 Pilar Tingkat Nasional

JAKARTA — SMA Titian Teras (TT) Jambi sukses menggondol juara pertama, menyisihkan juara SMAN 1 Wonosobo, Jawa Tengah dan SMA Negeri 1 Gunung Talang, Solok, Sumatera Barat dalam Lomba Cerdas Cermat (LCC) 4 Pilar Kehidupan Berbangsa dan Bernegara Tingkat Nasional 2011, di gedung MPR-RI, Jum’at (28/10).

Dalam Grand Final LCC 4 Pilar Kehidupan Berbangsa dan Bernegara di Gedung Nusantara IV, Kompleks Parlemen MPR/DPR/DPD, Senayan, Jakarta, SMA TT Jambi meraih gelar terhormat dengan nilai 180, SMAN 1 Wonosobo (140) dan SMAN 1 Gunung Talang (130). Tiga sekolah itu lolos ke babak Grand Final setelah mengikuti putaran final di Jakarta, 15 – 23 September lalu. Putaran final diikuti 33 sekolah yang menjadi juara di masing-masing provinsi.

Dewan juri terdiri dari Ketua Agun Gunanjar Sudarsa (FPG) dengan anggota Ahmad Baskara (FPDIP) dan Wahidin Ismail (DPD RI). Sebelum lomba dimulai, masing-masing finalis menampilkan yel-yel dan lagu-lagu yang berhubungan erat dengan Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika serta Ketetapan MPR.

Menurut guru pembimbing SMA TT, Salwinsah (38), keberhasilan anak asuhnya tak lepas dari persiapan penuh selama dua pekan menjelang grand final. Mereka benar-benar latihan intensif, tanpa belajar di kelas.

Diakui Salwinsah, keberhasilan anak didiknya merebut gelar terhormat tak lepas dari kejelian saat fokus menjawab soal di babak perebutan, disamping penguasaan materi sudah matang. Teknik menekan bel juga memegan peran penting saat pembacaan soal belum selesai.

Wapres Batal Hadir

Wakil Presiden (Wapres) Boediono yang semula direncanakan hadir menyaksikan LCC 4 Pilar, batal datang karena jalan menuju kawasan Komplek Parlemen macet total lantaran ada aksi ribuan demonstran yang memadati pintu gerbang depan gedung MPR/DPR/DPD RI.

Padahal, sejak pagi sudah terpasang karpet merah dan pihak Paspamres sudah memasang metal detektor menuju tempat acara LCC 4 Pilar berlangsung. Bahkan, beberapa menit sebelum acara dimulai, semua undangan masih diwajibkan melintasi metal detektor tersebut.

Setelah pihak MPR tahu kepastian Wapres batal hadir, acara dimulai dan dibuka oleh Ketua MPR Taufiq Kiemas yang turut dihadiri semua Wakil Ketua MPR, yaitu Hajriyanto Y. Thohari, Lukman Hakim Saifuddin, Ahmad Farhan dan Melani Leimena Suharli serta sejumlah anggota DPR dan DPD.

Menurut Taufiq Kiemas, LCC di gedung MPR itu merupakan salah satu metode sosialisasi 4 Pilar Kehidupan Berbangsa dan Bernegara untuk para siswa tingkat SLTA. Tahun ini LCC Tingkat SLTA se-Indonesia merupakan yang keempat kalinya. (infojambi.com/BS)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar